Cara Mengatasi Printer Sering Bermasalah

Share:

Pernahkah Anda memperbaiki masalah pada printer? Printer macet menjadi masalah yang sering terjadi. Jika tidak segera diselesaikan, ini bisa menjadi masalah yang serius. Oleh karena itu, Anda harus memahami cara yang tepat untuk mengatasi yang sering terjadi pada printer.

Berikut 5 tips mengatasi masalah yang sering terjadi pada printer seperti dilansir dari Lifehack.

1. Bersihkan Printer


Jarang dihapus menjadi penyebab utama printer macetnya. Debu dan kotoran yang menempel serta kertas yang tersumbat di printer mengharuskan membuat macet printer. Oleh karena itu, mengatasi printer yang bersihkan secara rutin guna mengatasi masalah macet pada printer.

Anda dapat menggunakan kain, tisu, sikat gigi bekas, air hangat, cairan pembersih atau pembersih khusus untuk printer cartridge. Pilih kain atau tisu ke dalam air hangat. Selain itu, Anda juga menggunakan cairan pembersih atau alkohol yang diteteskan ke kain atau tisu tersebut.

Kartrid yang bersihkan sebelumnya jadi kotor dan sisa tinta yang hilang hilang. Untuk menghindari segala hal yang terjadi, Anda dapat melepaskan kartrid.

2. Periksa posisi kertas pada printer


Penyebab masalah kertas macet selanjutnya adalah rim kertas yang saling menempel pada printer. Kendurkan selembar kertas dengan mengangkat rim dan pisahkan lembar diagonal beberapa kali.

Bila lebih dari satu lembar kertas Anda masukan ke printer dengan posisi yang tidak tepat, kemacetan akan selalu terjadi. Sebaiknya cek rutinitas kertas pada printer Anda guna meminalisir printer kemacetan.

3. Dapatkan baki kertas yang tidak memenuhi persyaratan maksimum

Pastikan printer baki kertas tidak terlalu banyak menampung kertas. Jika baki kertas yang disetujui terlalu banyak kertas yang dilipat, maka kemacetan printer tidak dapat dihindari.

Sebaiknya isi kertas sekitar tiga perempat dari kapasitas maksimum printer. Hal ini juga membantu untuk memastikan slider dan kertas dalam posisi yang benar.

4. Gunakan kertas berkulitas terbaik

Pilihan kertas berkualitas terbaik juga dapat menghindari kemacetan printer. Pastikan printer Anda mendukung jenis kertas tersebut.

Anda juga harus memperhatikan berat kertas tersebut. Untuk menghindari kertas macet dengan berbagai jenis kertas, ganti pengaturan jenis kertas yang Anda gunakan pada menu mengatur printer Anda.

5. Hubungi layanan reparasi atau para ahllinya


Jika semua pertanyaan yang terjadi pada printer tidak dapat Anda selesaikan, maka diperlukan Anda menghubungi layanan reparasi. Karena jika Anda memaksakan untuk mengatasi masalah printer tanpa kemampuan khusus, maka masalah akan bertambah besar. Hal ini sangat berguna untuk meminimalisir kerusakan printer Anda.

Tidak ada komentar